Seleksi Peserta Prakerin Luar Negeri

DSC_0287Salah satu kegiatan pembelajaran  utama yang dilaksanakan di SMK – SMAK Bogor untuk kelas akhir (kelas XIII) adalah Praktik Kerja Industri (Prakerin). Kegiatan ini merupakan bentuk penerapan pengetahuan dan kemampuan yang telah dipelajari oleh siswa selama 3,5 tahun mulai dari kelas X sampai XIII semester Gasal. Dalam kegiatan ini, siswa akan dikirim ke perusahaan-perusahaan yang memiliki kegiatan analisis kimia sesuai dengan peminatan dari siswa.

Pada tahun pelajaran ini (2018/2019), selain pada industri-industri dan lembaga penelitian yang berada di dalam negeri, kegiatan Prakerin juga akan dilaksanakan di dua perusahaan luar negeri yang berlokasi di Negara Belanda yaitu Uniper Benelux di Roterdam dan CS ASPA di Groningen. Uniper Benelux adalah perusahaan yang bergerak di bidang Energi, sedangkan CS ASPA yang berada di University of Groningen bergerak di bidang jasa analisis.

SMK – SMAK Bogor akan mengirim 4 siswa prakerin ke dua perusahaan tersebut (masing-masing 2 siswa). Sehubungan dengan banyaknya siswa yang berminat, maka pihak sekolah dalam hal ini Bidang Hubungan Kerjasama Industri (HKI) melaksanakan seleksi kepada siswa-siswi yang berminat tersebut. Tahap seleksi dibagi menjadi 3 tahap utama yaitu; seleksi administrasi, seleksi penugasan (pembuatan essai dan presentasi profil sekolah), dan wawancara atau interview.

Saat ini, ketiga tahapan tersebut telah dilaksanakan dan sedang dalam proses penentuan hasil akhir.

1 DSC_0276
DSC_0283 DSC_0276