Seminar PKT-2 di Tengah Pandemi Covid-19

Dokumentasi PKT 7Salah satu kegiatan yang dilakukan SMK-SMAK Bogor selama adanya COVID-19 adalah Seminar PKT (Praktik Kimia Terpadu)-2. Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 27 – 30 April 2020 oleh 273 siswa (72 kelompok). Karena keadaan yang tidak memungkinkan untuk seminar ini dilaksanakan dengan tatap muka langsung di sekolah, maka SMK SMAK Bogor membuat teknis pelaksanaan baru untuk ujian seminar PKT-2 ini. 

 

Bagaimana teknis Seminar PKT-2 ini dilaksanakan di tengah pandemi covid-19?

Sebelum ujian ini dilaksanakan, siswa kelas XIII menyiapkan makalah seminar per kelompok dan berdasarkan makalah tersebut, masing-masing anggota kelompok membuat presentasinya secara individu. Apabila terdapat kelompok yang belum memiliki data analisis untuk produk yang mereka analisis, mereka diperbolehkan menggunakan studi literatur atau menggunakan kajian penelitian yang relevan dengan apa yang mereka analisis. Setelah makalah dan presentasi siap, mereka membuat video presentasi masing-masing individu. Video presentasi yang sudah siap diunggah di Google Drive dan tautannya diserahkan kepada panitia seminar PKT-2 untuk kemudian dinilai oleh pengamat.

Dokumentasi PKT 5 Dokumentasi PKT 4
Gambar 1. Alur Persiapan Makalah, Presentasi, dan Video

Setelah tautan makalah, presentasi, dan video siap, maka panitia seminar mendistribusikan tautan tersebut kepada para pengamat seminar. Panitia seminar juga menyiapkan website yang bisa diakses di mana segala kebutuhan para pengamat seminar terakomodir dalam website tersebut. Website tersebut berisi panduan, jadwal, formulir, dan tautan untuk mengunduh hasil penilaian para pengamat seminar. Berikut isi tautan tersebut.

Dokumentasi PKT 1
Dokumentasi PKT 2
Dokumentasi PKT 3
Gambar 2. Isi website Pengamat Seminar Ujian PKT-2

Jadi, tugas para pengamat seminar pada Seminar PKT-2 ini adalah menilai video presentasi siswa kelas XIII dan mengoreksi makalah ataupun presentasi yang sudah siswa buat. Hasil penilaian dan koreksi yang sudah siap dimasukkan ke formulir yang disediakan oleh panitia. Tata cara penilaian Seminar PKT-2 dapat dilihat dalam infografis berikut ini.

Dokumentasi PKT 6
Gambar 3. Tata cara penilaian Ujian Seminar PKT-2

Terimakasih kepada siswa kelas XIII yang sudah berjuang, para pengamat yang sudah menilai, dan panitia yang sudah berusaha keras membuat teknis ujian ini sehingga semuanya berjalan dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti. Bravo SMAKBO!