Terobosan Baru Ujian Lisan Prakerin

Dokumentasi Prakerin 4Ada yang berbeda dengan ujian lisan prakerin (praktik kerja industri) kali ini. Ujian prakerin biasanya diselenggarakan di gedung sekolah dengan melibatkan guru-guru dan industri sebagai penguji. Namun kali ini, siswa melaksanakan ujian lisan di rumah. Bagaimana bisa? Pandemi Covid-19 membuat para guru dan siswa berinovasi dan berkreasi menggunakan fasilitas yang ada. Dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi, semuanya menjadi mungkin.

Ujian lisan edisi spesial kali ini dilakukan oleh 273 siswa dengan 69 penguji yang semuanya merupakan guru SMK SMAK Bogor. Tahapan ujian dimulai dari pengumpulan laporan prakerin dan berdasarkan laporan tersebut, tim penguji yang terdiri atas 3 guru membuat beberapa pertanyaan. Kemudian, peserta ujian membuat video presentasi berdurasi maksimal 20 menit yang berisikan pemaparan materi dan pamaparan jawaban yang telah diberikan oleh tim penguji. Berdasarkan video tersebut, tim penguji akan memberikan nilai. Semua tahapan tersebut dilakukan dengan metode daring.

Kegiatan prakerin sendiri telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 4 November 2019 – 28 Februari 2020 di 86 industri yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan 3 industri luar negeri yaitu di Belanda.

Bagaimana, cukup spesial dan menantang, bukan?

Dokumentasi Prakerin 2

Dokumentasi Prakerin 1

Dokumentasi Prakerin 3