Kunjungan Lapangan Tim Evaluator Kemenpan RB

kunjungan kemenpan 2020 - 6Pada tanggal 12 November 2020, SMK-SMAK Bogor menerima kunjungan lapangan dari Tim Evaluator Kementerian PAN RB sebagai salah satu rangkaian evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Tim evaluator Kementerian PAN RB diwakili oleh Ibu Etika Mahaputri dan Bapak Yanneri Andreas Panjaitan dan didampingi oleh koordinator reformasi birokrasi Kementerian Perindustrian Bapak Mochamad Agrieco Soedibja dan perwakilan BPSDMI Ibu Wuri Wulan Saputri. 

Dari pihak SMK SMAK Bogor hadir kepala sekolah Ibu Dwika Riandari, kepala sub bagian tata usaha Bapak Iwan Setiawan, agen perubahan Bapak Rusman, dan juga tim zona integritas. Kunjungan lapangan dibuka oleh Ibu Dwika Riandari. Dalam sambutannya, Ibu Kepala Sekolah menyampaikan keunggulan SMK-SMAK Bogor dibanding dengan sekolah lain, diantaranya adalah:

  1. Mendapatkan pengakuan dari Menteri Perindustrian bahwa SMAKBO adalah sekolahnya para Juara. Setiap tahun, SMAKBO menyumbangkan minimal 5 penghargaan tingkat nasional dalam bidang sains
  2. Lulusan terserap 100% dalam waktu 3 bulan setelah pengumuman kelulusan. Selalu menempati posisi pertama dalam persen keterserapan lulusan dari seluruh SMK di Kementerian Perindustrian
  3. Menyelenggarakan praktik kerja industri di Eropa dan Asia
  4. Penyelenggaraan ujian praktik terintegrasi yang menghasilkan 3 nilai dalam satu kali ujian, yaitu nilai Ijazah Sekolah, Sertifikat BNSP dan Ijazah Diknas
  5. Memiliki aplikasi LDR (Legalisir dari Rumah) dalam memberikan pelayanan terhadap alumni di masa pandemi
  6. Memiliki aplikasi permohonan Surat Rekomendasi kuliah ke luar negeri secara daring dan telah menjembatani lulusan dan juga guru untuk kuliah di luar negeri, seperti Jepang, Malaysia, Cina, Jerman, Korea dan Rusia
  7. Menjadi tempat tujuan shooting film yang terkait dengan pendidikan vokasi. Contoh: liputan CNN, TV Antara, Film Teaching Factory, Liputan KIR SMAKBO, Liputan Vlog tentang Vokasi oleh Gustav Aulia (Reporter TV Nasional)
  8. Mendapatkan undangan kehormatan dalam kegiatan Gebyar Kemenperin yang diselenggarakan di bulan Agustus setiap tahun, pengisi acara di Indonesia Industrial Summit (IIS 2019), pameran pendidikan di Karawang yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.
  9. Siswa memperoleh nilai UN dan TOEIC tertinggi di tingkat nasional

Acara sambutan dari Kemenpan RB diwakili oleh Ibu Etika. Dalam sambutannya, Ibu Etika menyampaikan bahwa berdasarkan hasil pencarian informasi mengenai SMAKBO, SMAKBO adalah sekolah yang sangat terkenal di Kota Bogor. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh tim evaluator Kemenpan RB dan diakhiri dengan kunjungan ke laboratorium gravimetri dan Analisis Instrumen – 2 (AI – 2) dan perpustakaan.

Dengan adanya kunjungan lapangan ini SMAKBO dapat menunjukan secara langsung implementasi Zona Integritas yang sudah dipaparkan melalui presentasi sebelumnya. Semoga tahap ini semakin mendekatkan langkah SMAKBO meraih predikat WBBM. Salam Reformasi Birokrasi!

 

kunjungan kemenpan 2020 - 8 kunjungan kemenpan 2020 - 4
kunjungan kemenpan 2020 - 5 kunjungan kemenpan 2020 - 2
kunjungan kemenpan 2020 - 1 kunjungan kemenpan 2020 - 3