Kunjungan Industri 2020: Walau Virtual, Namun Esensial dan Maksimal

Stulap Virtual 1_resizedPada tanggal 9-13 November 2020, siswa dan siswi kelas  XIII (Angkatan 63) SMK-SMAK Bogor telah mengikuti kegiatan kunjungan industri secara virtual. Kunjungan industri merupakan agenda rutin tahunan yang wajib diikuti oleh siswa tingkat akhir di SMK-SMAK Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia industri secara langsung sebelum siswa melaksanakan praktek kerja industri di semester 8. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini kegiatan kunjungan industri dilakukan secara virtual melalui platform zoom karena adanya pandemi covid-19 yang belum berakhir. Walaupun kegiatan ini dilakukan secara virtual, seluruh siswa tetap bisa berkunjung dan menyerap banyak ilmu dari industri yang dikunjungi. 

Kegiatan ini diikuti oleh 286 siswa kelas XIII dengan didampingi oleh Ibu Kepala SMK-SMAK Bogor, Bapak/Ibu Wakil Kepala SMK-SMAK Bogor, Bapak/Ibu Wali Kelas XIII, dan Tim Hubungan Kerjasama Industri.

Adapun industri yang telah dikunjungi secara virtual adalah sebagai berikut:

  1. PT. Sys Lab
  2. PT Saraswanti Indo Genetech
  3. PT Paragon Technology & Innovation
  4. PT Timah Industri Cilegon
  5. PT Timah, Tbk.
  6. PT Solusi Bangun Indonesia

Dalam setiap kunjungan, pihak industri selalu menyajikan materi yang menarik dan plant tour virtual yang membuat kunjungan ini tidak berbeda dengan kunjungan yang dilakukan secara langsung. Setelah pemaparan materi, penayangan video profil perusahaan dan plant tour, peserta diajak untuk melakukan diskusi dan tanya jawab. Seperti yang sudah diperkirakan, antusiasme peserta sangatlah tinggi, hal ini terlihat dari keaktifan peserta dalam mengikuti sesi diskusi dan tanya jawab. Jumlah penanya selalu melebihi kapasitas waktu yang disediakan.

Di hari terakhir kunjungan terdapat satu kegiatan yang berbeda, yaitu SIKRAB (siang keakraban). Siswa diminta untuk mengenakan kostum dan properti sekreatif mungkin. Siswa dengan kostum terunik dan kreatif diberikan reward menarik. Selain pemilihan kostum terbaik, dalam SIKRAB ini juga terdapat video persembahan dari pengurus angkatan untuk seluruh siswa angkatan 63. Video yang berdurasi 3 menit ini berhasil membuat suasana menjadi haru karena menampilkan kembali kebersamaan yang telah dilalui angkatan 63 selama 3 tahun bersekolah di SMAKBO.

Di akhir kegiatan, Ibu Kepala SMK-SMAK Bogor menyampaikan pesan dan arahannya. Salah satu pernyataan yang beliau sampaikan adalah, “Pandemi ini mengajarkan kita banyak hal, banyak yang bisa kita keluhkan, tapi bukan berarti kita harus selalu mengeluh, masih banyak nikmat yang bisa kita syukuri dan nikmati dengan kondisi saat ini”. 

Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada seluruh pihak yang sudah berkontribusi dan membantu terlaksananya kegiatan kunjungan industri virtual ini secara baik dan lancar. Semoga kegiatan kunjungan industri virtual ini memberikan banyak manfaat untuk seluruh peserta sebagai bekal untuk prakerin pada khususnya dan kehidupan pada umumnya.  

Walau virtual, namun tetap esensial dan maksimal!

 

Stulap Virtual 6_resized Stulap Virtual 4_resized
Stulap Virtual 3_resized Stulap Virtual 2_resized
Stulap Virtual 8_resized Stulap Virtual 7_resized