Temu Industri 2020, Melangkah dalam New Normal

temu industri - 1Penyelenggaraan pendidikan vokasi dalam bidang keahlian analisis kimia di SMK SMAK Bogor selalu berusaha memberikan pendidikan yang adaptif sesuai dengan kebutuhan industri. Penyelenggaraan pendidikan ini tentunya harus didukung dengan kerjasama antara industri dan sekolah untuk menghasilkan lulusan analis kimia yang kompeten, unggul, dan siap berkontribusi di dunia kerja. Sehubungan dengan hal tersebut, SMK SMAK Bogor melaksanakan kegiatan Temu Industri / Focus Group Discussion Kesiapan Industri dan Sekolah Menjalankan Program Kerjasama di Tahun 2021 pada tanggal 10 Desember 2020 secara daring melalui Zoom Meeting yang dimoderatori oleh Ibu Amilia Sari Ghani sebagai wakil kepala bidang Hubungan Kerjasama Industri.

Temu industri ini dihadiri oleh Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Kejuruan dan Vokasi Industri (PPPKVI) Ibu Iken Retnowulan dan kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Bapak Dadi Mahardi. Dalam sambutannya mewakili Kepala Badan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Bapak Eko S. A. Cahyanto, Ibu Iken menyampaikan bahwa industri merupakan salah satu pilar penting yang harus ada karena dapat menciptakan kemitraan dalam berbagai hal yaitu penyusunan kurikulum, penyediaan tenaga pengajar, pelaksanaan rekrutmen, kegiatan praktek kerja industri (prakerin), magang, dan penempatan lulusan di industri.

Kemudian dalam pengantar yang dipaparkan oleh kepala sekolah SMK SMAK Bogor Ibu Dwika Riandari, disampaikan bahwa kerjasama yang selama ini dilakukan sekolah dengan industri adalah praktik kerja industri, magang, pendidikan sistem ganda (PSG), kunjungan industri dan guru tamu, verifikasi dan validasi kurikulum, serta rekrutmen lulusan/alumni. Ibu Dwika juga menyampaikan harapannya agar kerjasama ini dapat terus berlanjut, terutama dalam hal prakerin, agar dapat memenuhi kebutuhan kurikulum sekolah serta industri dapat memperoleh sumber daya manusia yang adaptif.

Hadir sebagai narasumber yaitu Bapak Taufik Hidayat selaku Direktur PT Intertek Utama Services, Ibu Veralyn Andayani T. selaku Direktur Operasional PT Syslab, Ibu Santi Ambarwati selaku Services Lab Manager SEAMEO BIOTROP, dan Bapak Sofyan Ramani selaku Quality Assurance Manager PT Mecosin. Dalam paparannya, narasumber menyampaikan bagaimana kebiasaan normal di perusahaan dan protokol kesehatan yang harus dilaksanakan oleh siswa yang akan melaksanakan prakerin di perusahaan tersebut. Dalam kesempatan ini, perusahaan juga menyampaikan hasil evaluasinya terhadap siswa yang melaksanakan prakerin pada periode sebelumnya.

SMK SMAK Bogor berharap agar kerjasama industri di tahun 2021 akan terus berlanjut dengan tatanan normal yang baru dan kami selalu terbuka dengan industri-industri yang akan memulai kerjasama dengan kami.

Klik untuk mengakses rekaman FGD

temu industri - 2 temu industri - 3
temu industri - 1 temu industri - 4
temu industri - 5 temu industri - 6
temu industri - 7 temu industri - 8