Program Rantang Siswa, Melatih Siswa untuk Berbagi dan Peduli

rantang siswa web resizePuasa tidak menjadi halangan bagi siswa SMK SMAK Bogor untuk melakukan aktifitas. Pada bulan Ramadhan kali ini, tepatnya pada tanggal 24 April 2021, sejumlah siswa kelas X SMK – SMAK Bogor berbagi kebahagiaan dengan sesama melalui Program Rantang Siswa. Program ini termasuk dalam rangkaian kegiatan Millenial Smartren Ramadhan Virtual 2021 yang diadakan oleh Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat bagi kaum millenial yaitu siswa SMA, SMK, dan SLB. Tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk generasi yang beriman dan bertakwa yang ditandai dengan kecerdasan sikap, pengetahuan, keterampilan. Walaupun kegiatan dilaksanakan secara virtual/daring, namun juga terdapat kegiatan offline yaitu Program Rantang Siswa.

Program Rantang Siswa bersifat tidak mengikat dan ditujukan bagi siswa yang mampu menyediakan 1 (satu) makanan untuk tetangga/warga yang membutuhkan di masing-masing tempat tinggalnya, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian siswa terhadap sesama sehingga nantinya siswa akan menjadi pribadi yang ikhlas, peka terhadap permasalahan sosial, dan dapat menjadi bagian dari solusi dari permalahan sosial masyarakat.

Mengutip kalimat indah yang ditulis ananda Naila Dwi Retno Puspita kelas X-7, bahwa:

“Berbagi bukan tentang seberapa besar dan seberapa berharganya hal yang kau beri, namun seberapa tulus dan ikhlasnya apa yang ingin kau beri” dan “Sesungguhnya bagian terindah dalam hidup ini adalah saat kita bisa berbagi hal positif, kebaikan, dan kebahagiaan dengan orang lain.”

Semoga hal baik ini tidak berhenti di sini saja dengan kita melakukan kebaikan-kebaikan lainnya dalam bentuk apapun. Dan semoga kebaikan yang kita lakukan menjadi kebahagiaan dan berkah bagi orang lain.