Program Guru Tamu, Kolaborasi Antara SMAKBO Dengan HASKA

guru tamu 2021Dalam rangka tercapainya program SMK – SMAK Bogor sebagai salah satu instansi pendidikan vokasi di bawah Kementerian Perindustrian yang memiliki sistem pendidikan selaras dengan industri, maka berbagai upaya dan program dilaksanakan untuk mencapai tujuan tersebut. Selain Praktik Kerja Industri yang wajib diikuti oleh siswa kelas XIII, terdapat satu kegiatan yang selalu dilaksanakan SMK-SMAK Bogor setiap tahunnya bagi siswa tingkat akhir yang biasa disebut dengan kegiatan Guru Tamu atau Expert Day. 

Seperti namanya, kegiatan ini adalah sebuah kegiatan pematerian kepada siswa dengan mengundang para pemateri “expert” di bidangnya yang dihadirkan langsung dari industri. Hal ini dirasa sangat tepat dan menarik siswa karena pemateri dapat menyampaikan materi sekaligus dapat berbagi pengalaman langsung di industri mereka bekerja. Kegiatan ini memiliki berbagai tujuan dan manfaat, di antaranya adalah dapat membuka wawasan siswa mengenai dunia industri yang ingin digelutinya, melengkapi pengetahuan yang telah didapatkan di sekolah, hingga memperoleh peningkatan sistem pendidikan di sekolah yang sesuai dengan industri.

Guru tamu biasa diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Praktik Kerja Industri siswa kelas XIII. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu dengan satu judul materi Guru Tamu setiap pertemuan. Pada tahun ajaran 2020/2021 ini, telah dilaksanakan 8 topik judul guru tamu berbeda dengan tema yang sesuai dengan minat siswa untuk bekerja ataupun berwirausaha selama periode bulan Februari – April 2021. Adapun topik yang dilaksanakan diantaranya Entrepreneurship (13 Februari 2021), Food Safety System (20 Februari 2021), Good Laboratory Practices K3+5R (27 Februari 2021), Good Manufacturing Practices for Drugs (13 Maret 2021), Introduction to PCR (20 Maret 2021), Validasi Metode Kimia dan Mikrobiologi (27 Maret 2021), Good Communication Skills (3 April 2021), dan Kiat Wawancara dan Membuat Lamaran Kerja (10 April 2021). Materi-materi tersebut diharapkan dapat membekali siswa yang akan segera lulus agar lebih siap menghadapi dunia kerja. 

Pada tahun ini, kegiatan Guru Tamu diselenggarakan atas kolaborasi sekolah dengan HASKA (Himpunan Alumni Sekolah Kimia Analis) yang merupakan wadah bagi para alumni SMK-SMAK Bogor. Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan terbentuk ikatan kepedulian dan saling berbagi dari para alumni yang menjadi narasumber dengan adik-adik yang akan segera lulus dan bergabung bersama alumni lainnya. Selain itu, hal ini juga bermanfaat untuk menjaga silaturahmi alumni dengan sekolah untuk terus bergotong royong bersama sekolah membangun sistem pendidikan yang senantiasa selaras dengan kebutuhan industri terkini.

Guru Tamu 3 resize Guru Tamu 4 resize Guru Tamu 5 resize
Guru Tamu 6 resize Guru Tamu 7 resize Guru Tamu 8 resize