Pelaksanaan Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2021 di SMK SMAK Bogor

rsz_1rsz_whatsapp_image_2021-07-25_at_160339Pelaksanaan Sertifikasi Internasional  Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2021 di SMK SMAK Bogor Dukungan Direktorat SMK Guna Mendorong Mutu dan Daya Saing Siswa SMK Pada Masa Pandemi Covid-19

Direktorat SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI senantiasa melakukan upaya strategis untuk memastikan lulusan SMK memiliki daya saing yang kuat di dunia kerja. Diantara program nyata yang secara konsisten digelar adalah program sertifikasi internasional kemampuan Bahasa Inggris bagi siswa SMK dengan TOEIC (Test Of English for International Communication). Bahkan disaat pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak tahun lalu, salah satu program yang tetap menjadi prioritas untuk dijalankan adalah sertifikasi TOEIC bagi siswa SMK.

Pada tahun 2021 ini, Direktorat SMK kembali menggelar kegiatan Sertifikasi TOEIC bagi siswa SMK yang pendaftarannya dibuka bulan April tahun ini. Berbagai tahapan program telah dilalui mulai dari Sosialisasi, Pendaftaran, dan Seleksi VIERA. Di bulan Juli ini, telah dimulai pelaksanaan tahapan utama yaitu Sertifikasi TOEIC.

SMK SMAK Bogor telah mengikutsertakan sebanyak 265 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 254 siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Selama periode pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia R. Ismanto dan tim melalui Zoom dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Pada tanggal 22-23 Juli 2021, SMK SMAK Bogor melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa yang lolos seleksi. Dikarenakan adanya pandemi Covid-19, pelaksanaan sertifikasi dilaksanakan oleh masing-masing siswa dari tempat tinggalnya sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 dan dengan pengawasan yang ketat (remote proctoring) dari tim ITC (International Test Center) sebagai penyelenggara sertifikasi. Selain siswa, sejumlah 18 pendidik dan tenaga kependidikan SMK SMAK Bogor juga mendapat fasilitas bantuan sertifikasi TOEIC ini dan melaksanakan ujian pada tanggal 25 Juli 2021.

Dengan adanya bantuan sertifikasi TOEIC ini, sekolah akan mempunyai gambaran yang komprehensif mengenai kemampuan Bahasa Inggris siswa dan dapat melakukan upaya-upaya untuk memastikan bahwa lulusan SMK SMAK Bogor mempunyai kompetensi yang memadai agar mampu berdaya saing di dunia kerja, khususnya dunia industri. Karena begitu besar manfaatnya, kami berharap program ini dapat berlangsung dari tahun ke tahun.

SMAKBO Makin Kasohor! SMK Bisa!